Cara Memilih Reksadana Terbaik

2:22 AM

“Eh, gue mau beli reksadana saham nih?”

”Gue bingung nih mau beli reksadana saham apa”

“Pusing nih beli reksadana apa”

Mungkin beberapa pertanyaan di atas sering kita dengar dari investor pemula yang mau mencoba untuk membeli (baca : berinvestasi) reksadana. Pada artikel kali ini, kami akan membagikan salah satu cara untuk memilih reksadana. Tentu saja banyak cara memilih reksadana yang lainnya. Namun, kali ini kami akan membagikan cara memilih reksadana yang terbaik menurut pendapat kami.

Membeli reksadana berbeda dari membeli saham di mana banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi harga suatu saham perusahaan. Agar lebih sederhana dalam memilih reksadana, kami lebih menyarankan untuk memilih reksadana terbaik melalui sumber yang kredibilitasnya sudah tidak diragukan. Salah satunya adalah melalui website Morningstar.

Morningstar adalah suatu provider terkemuka dalam memberikan riset investasi independen. Morningstar sendiri telah berkembang di Asia sejak April tahun 2000. Mari kita memulai penjelasan mengenai cara dan langkah-langkah memilih reksadana saham terbaik melalui website Morningstar.

Langkah-langkah memilih reksadana dari website Morningstar adalah sebagai berikut.
  1. Buka alamat web oap.morningstar.com . Maka, muncullah halaman sebagai berikut. 
    Tampilan awal website Morningstar
  2. Klik menu "Fund Selector" yang terdapat di sebelah menu "Home"
    Menu Fund Selector
  3. Berikut ini tampilan menu "Fund Selector" 
    Tampilan menu Fund Selector
  4. Kemudian kita bisa menyesuaikan jenis reksadana apa yang akan kita cari. Carilah pilihan "Fund Type" dan pilihlah tipe apa yang ingin Anda lihat. Pada contoh kali ini, kita akan memilih "Equity" alias Reksadana Saham.
    Pilihan jenis reksadana
  5. Kemudian, scroll ke bawah dan carilah pilihan "Overall Morning Star Rating" yang terdapat di dalam menu "Fund Performance & Risk". Pilih 5 bintang karena kita mau mencari reksadana terbaik menurut Morningstar.
    Tampilan pilihan rating
  6. Lalu di bagian paling bawah halaman, klik tombol "Search"
    Klik tombol Search
  7. Kemudian, akan muncul tampilan hasil pencarian kita. Ini adalah hasil pencarian reksadana terbaik menurut Morningstar per tanggal 30 April 2017 (tanggal dimana kita mencarinya).
    Tampilan hasil pencarian
  8. Setelah muncul tabel yang hanya berisikan 9 nama reksadana saham (10% reksadana saham terbaik dari total reksadana saham yang ada), tentunya sudah jauh lebih mudah untuk memilih reksadana terbaik. Anda dapat melihat lebih detail mengenai reksadana yang ada dengan meng-klik nama reksadana yang ingin Anda tinjau. Misalnya kita ingin melihat detail reksadana "Schroder Dana Prestasi"  
    Tampilan detail mengenai Schroder Dana Prestasi
  9. Di sebelah kiri, terdapat menu tambahan untuk memilih detail reksadana yang ingin kita baca. 
    Menu pilihan mengenai detail reksadana terpilih
  10. Namun, rating atau peringkat dari Morningstar adalah berdasarkan performa masa lalu dan tidak menjamin performa masa depan. Return masa lalu yang lebih tinggi dibandingkan competitor juga tidak menjamin kedepannya akan mendapatkan return lebih tinggi dari competitor. Maka dari itu, menurut kami, dari 9 reksadana yang tersisa, pilihlah manajer investasi yang paling berpengalaman, yakni "Schroder Asset Management". Schroder sendiri memiliki 2 produk yang masuk dalam daftar terbaik, yaitu "Schroder Dana Prestasi" dan "Schroder Indo Equity Fund". Untuk lebih memahami mana yang harus dipilih antara kedua reksadana ini, Anda bisa menghubungi agen penjual reksadana tersebut dan mintalah prospektus* reksadana tersebut. 

Sekian adalah penjelasan cara memilih reksadana. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Kami sangat  menghargai masukan dari Anda. Silahkan berikan feedback dan pertanyaan pada kolom di bawah.

Terima kasih atas perhatiannya. :)

*Prospektus adalah penjelasan detail mengenai suatu reksadana yang harus ditunjukkan oleh agen penjual sebelum Anda membeli reksadana tersebut. Baca dengan detail. Maka, Anda akan memahami mana yang lebih baik dan lebih cocok untuk anda.

Penyebutan produk investasi  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, ataupun rekomendasi jual beli atau tahan untuk instrumen tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Salam WInvestionary,

Wincun Marthadiarto
Founder of WInvestionary

You Might Also Like

1 comments

  1. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7860392-cara-mengolah-gabah-untuk-pakan-ayam-bangkok-aduan

    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388.

    https://www.sateayam.fun/
    https://m1.hj128.club/
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete

Popular Posts

Quotes

Time is money, only for those who knows “How to convert it?”Wincun Marthadiarto, Founder of WInvestionary

Financial Freedom only for those who understand what is it actually.Jessica, Co. Founder of WInvestionary

"Someday" is a disease that will take your dreams to Grave with you.Jessica, Co. Founder of WInvestionary

About me

Read more about WInvestionary

Subscribe