Alur Investasi Reksa Dana

11:53 PM

Karena banyaknya yang masih bingung atau mempertanyakan, “sebenarnya bagaimana sih alur investasi reksa dana? “, maka kali ini team WInvestionary akan memaparkan alur investasi reksa dana. Simak penjelasan di bawah ini, selamat menyelam ke dalam pengetahuan! :D

*alurnya berdasarkan urutan angkanya dan penjelasannya yah :)

Alur Investasi Reksa Dana

Pertama, Manajer Investasi dan Bank Kustodian membuat Kontrak Investasi Kolektif (KIK) yang merupakan kontrak antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian yang mengikat Pemegang Unit Penyertaan di mana Manajer Investasi diberi wewenang untuk mengelola portofolio investasi kolektif dan Bank Kustodian diberi wewenang untuk melaksanakan Penitipan Kolektif. Manajer Investasi dilarang terafiliasi dengan Bank Kustodian, jadi Bank Kustodian di sini bertindak sebagai pihak ketiga yang tidak memihak siapa pun. Selanjutnya Manajer Investasi yang akan melakukan penawaran umum Reksa Dana terlebih dahulu wajib mengajukan Pernyataan Pendaftaran atas Kontak Investasi Kolektif dan Prospektus Reksa Dana tersebut kepada OJK untuk memperoleh Surat Efektif.

Lalu, investor yang ingin berinvestasi pada Reksa Dana dapat membeli Unit Penyertaan Reksa Dana secara langsung kepada Manajer Investasi pengelola Reksa Dana atau melalui Bank dan/atau Perusahaan Efek (Contohnya Panin Sekuritas, Mandiri Sekuritas, dan perusahaan sekuritas lainnya) sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang telah memiliki kontrak kerja sama dengan Manajer Investasi. Sebelum membeli Unit Penyertaan Reksa Dana, calon investor wajib membaca isi Prospektus Reksa Dana dengan tujuan calon investor mengerti tentang produk investasi yang akan diambilnya. Seluruh dana pembelian Unit Penyertaan Reksa Dana dari investor akan disimpan dalam rekening Reksa Dana di Bank Kustodian yang sudah ditentukan.

Selanjutnya Bank Kustodian akan menerbitkan Unit Penyertaan Reksa Dana berdasarkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) per Unit Penyertaan Reksa Dana. NAB awal Reksa Dana wajib ditetapkan Rp. 1.000,00. NAB awal Reksa Dana hanya berlaku pada saat pertama kali Reksa Dana melakukan penawaran umum. Kekayaan Reksa Dana akan dikurangi dengan segala biaya dan kewajiban, seperti biaya Manajer Investasi, biaya Bank Kustodian, biaya transaksi Efek, biaya pembaharuan Prospektus dan pendistribusiannya, biaya atas jasa auditor yang memeriksa Laporan Keuangan Tahunan Reksa Dana, dan biaya-biaya lain seperti yang ditetapkan dalam Kontak Investasi Kolektif dan Prospektus. (Untuk penjelasan lebih lanjut tentang NAB akan dibahas pada artikel-artikel selanjutnya)

Kemudian, dana yang dihimpun oleh Reksa Dana dari investor akan diinvestasikan oleh Manajer Investasi dalam portofolio Efek pada berbagai jenis Efek yang diperdagangkan di Pasar Modal dan di pasar uang berdasarkan kebijakan investasi yang ada di dalam Kontak Investasi Kolektif Reksa Dana.

Selanjutnya Bank Kustodian akan melakukan proses administrasi yang antara lain mencakup proses penerbitan Unit Penyertaan, proses pembayaran atas pembelian Efek atau penerimaan atas penjualan Efek dalam Portofolio Efek Reksa Dana yang dilakukan oleh Manajer Investasi serta pencatatan kekayaan Reksa Dana atas nama Bank Kustodian untuk kepentingan Unit Penyertaan. Pada setiap akhir hari Bursa, Bank Kustodian akan menghitung NAB berdasarkan Nilai Pasar Wajar atas Efek yang ditentukan oleh Manajer Investasi.

Nah, begitulah alur investasi pada reksa dana. Nantikan artikel-artikel berikutnya yang akan membahas mengenai reksa dana. Jangan sungkan untuk meninggalkan pertanyaan di kolom komentar di bawah, we will reply as soon as possible. :)

Artikel di atas dibuat berdasarkan informasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Penyebutan produk investasi (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, ataupun rekomendasi jual beli atau tahan untuk instrumen tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.


Salam Winvestionary,


Jessica
Co. Founder of WInvestionary

You Might Also Like

1 comments

  1. Thanks infonya. Oiya saya juga mau share nih ternyata investasi itu macem-macem ya jenisnya. dan di Indonesia sendiri ternyata ada beberapa yang paling terkenal. Temen-temen bisa cek di sini: jenis investasi yang populer

    ReplyDelete

Popular Posts

Quotes

Time is money, only for those who knows “How to convert it?”Wincun Marthadiarto, Founder of WInvestionary

Financial Freedom only for those who understand what is it actually.Jessica, Co. Founder of WInvestionary

"Someday" is a disease that will take your dreams to Grave with you.Jessica, Co. Founder of WInvestionary

About me

Read more about WInvestionary

Subscribe