Cara Berinvestasi Saham

7:36 PM

Sering kami temui di kalangan masyarakat, banyak yang tertarik untuk berinvestasi saham, namun tidak tahu caranya. Untuk itulah artikel ini kami buat. Sebelum mulai berinvestasi saham, ada dua poin yang harus Anda penuhi agar Anda dapat memperoleh manfaat maksimal. Dua poin tersebut yakni sebagai berikut:
  1. Pahami bahwa Anda “berinvestasi” saham. Saham adalah bagian dari bisnis yang berjalan. Jadi, apabila Anda membeli saham suatu perusahaan, Anda dapat dikatakan adalah pemilik perusahaan tersebut. Misalkan Anda mempunyai saham Indofood, maka Anda adalah pemilik perusahaan Indofood. Pertanyaannya adalah, pantaskah Anda mengatakan Anda “bermain” saham? Apabila Anda bermain, berarti Anda tidak serius terhadap bisnis tersebut.
    Untuk itu, kami, tim “WInvestionary” mengajak Anda untuk mulai mengganti kata “bermain” saham menjadi “berinvestasi” saham. Anda harus tahu perbedaannya. Uang yang Anda tanamkan adalah uang hasil jerih payah Anda selama 8 jam x 5 hari x 261 hari atau setara 10.440 ( sepuluh ribu empat ratus empat puluh jam ) per tahun untuk sebagian besar dari anda, untuk beberapa bahkan lebih banyak. Seriuslah terhadap hal itu karena keseriusan Anda menentukan apakah setelah 313.200 jam atau 30 tahun waktu Anda bekerja dapat tergantikan oleh masa tua dimana Anda dapat melakukan hal apapun yang Anda inginkan, tanpa tergantung dari anak maupun tunjangan pemerintah. 
  2. Lakukan riset tentang saham. Sebelum Anda memulai, Anda harus mencari tahu tentang bagaimana cara berinvestasi saham yang baik, layaknya dokter belajar cara membedah pasien sebelum langsung terjun ke lapangan untuk melakukan pembedahan. Memang, banyak orang yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik. Namun, bukankah lebih baik menggunakan pengalaman orang lain sebagai guru kita. Pengalaman yang diperoleh diri sendiri mahal harganya. Pengalaman orang lain hanya seharga biaya internet maupun buku dimana Anda dapat belajar dari ahli investor dunia seperti Warren Buffett (orang yang rutin memasuki peringkat 3 orang terkaya dunia dari investasi saham), Peter Lynch (anak muda pemungut bola golf yang menjadi salah satu manager keuangan terbesar di dunia), maupun Benjamin Graham (guru Warren Buffett). Kami, tim WInvestionary memahami bahwa sangat terbatas informasi yang dapat diperoleh dari internet tentang cara berinvestasi saham yang baik yang berbahasa Indonesia. Banyak sekali informasi yang hanya mengajarkan  cara trading saham dimana kami percaya bahwa itu bukanlah cara yang tepat untuk memperoleh keuntungan maksimal. Maka dari itu, WInvestionary diciptakan untuk memberi pemahaman dan sebagai lahan riset yang baik untuk memulai berinvestasi saham. Anda dapat membaca semua artikel di sini secara gratis dan apabila Anda mempunyai pertanyaan, silahkan ditanyakan di bagian komentar. Kami akan menjawab dengan cara menerbitkan artikel yang berhubungan. 

Kembali ke permasalahan pokok, apabila Anda telah memenuhi ke dua poin di atas, Anda telah dinyatakan siap untuk memulai perjalanan sebagai seorang investor saham. Langkah awal untuk memulai berinvestasi adalah sebagai berikut:
  1. Untuk memulai, Anda cukup mengunjungi salah satu perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia. Contoh sekuritas tersebut adalah: Panin Sekuritas, KDB Daewoo sekuritas, BNI sekuritas, Mandiri sekuritas, dll. Sekuritas adalah suatu bentuk usaha yang memberikan pelayanan untuk Anda membeli atau menjual saham.
  2. Setelah Anda mengunjungi sekuritas tersebut, Anda dapat membuka account investor. Masing – masing sekuritas menetapkan nilai yang berbeda – beda untuk nominal awal investasi. Ada yang menetapkan dimulai dari minimal 100 juta hingga 100 ribu Rupiah untuk membuka account. Biasanya sekuritas ada memberikan kelonggaran berupa nilai saldo awal yang lebih rendah untuk mahasiswa.
  3. Setelah Anda selesai melakukan proses administrasi seperti mengisi form, tunggu beberapa hari untuk proses pembukaan rekening, dan melakukan transfer saldo awal, Anda sudah dapat mulai membeli saham dengan saldo yang ada pada rekening tersebut.
  4. Apabila Anda baru pertama kali membuka rekening, biasanya setelah 2 atau 3 minggu akan dikirimkan kartu KSEI ke tempat tinggal anda. Kartu tersebut adalah tanda bahwa diri Anda adalah seorang investor. Melalui kartu tersebut, Anda dapat melihat secara online di situs resmi KSEI, saham apa saja yang Anda miliki dan jumlah saldo Anda. 


Sekian informasi tentang cara berinvestasi saham dari kami. Saat ini mungkin Anda hanya dapat membaca artikel ini. Namun, saya percaya suatu hari saat kita telah memperoleh kebebasan finansial, kita dapat pergi berlibur bersama atau melakukan hal apapun yang Anda inginkan, kapan pun, dan dimana pun dari hasil investasi.


Penyebutan produk investasi  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, ataupun rekomendasi jual beli atau tahan untuk instrumen tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Salam WInvestionary,

Wincun Marthadiarto



Founder of WInvestionary

You Might Also Like

1 comments

  1. Pak Wincun, bagaimana caranya memperoleh kebebasan finansial dari investasi saham? Bukankah keuntungan yang diperoleh dari saham hanya dari beli dan jual?

    ReplyDelete

Popular Posts

Quotes

Time is money, only for those who knows “How to convert it?”Wincun Marthadiarto, Founder of WInvestionary

Financial Freedom only for those who understand what is it actually.Jessica, Co. Founder of WInvestionary

"Someday" is a disease that will take your dreams to Grave with you.Jessica, Co. Founder of WInvestionary

About me

Read more about WInvestionary

Subscribe