Saya Berusia 20 Tahun, Sedang Kuliah Sambil Kerja

6:04 AM

Judul yang aneh bukan? Tapi itulah judul artikel ini. Jika Anda masih sangat muda, memiliki penghasilan, ini adalah saat yang paling tepat bagi Anda untuk mulai INVESTASI. (^.<). Semakin cepat Anda memulai, semakin kecil resiko yang dihadapi.



Apa itu investasi?

Mungkin bagi sebagian orang, investasi adalah sebuah kata yang sangat dihindari nya. Mungkin karena dunia investasi terkenal akan resiko nya. Kuadran yang berbahaya jika tidak dimainkan dengan matang. Kabar buruknya, resiko dalam berinvestasi tidak dapat dihilangkan tetapi, kabar baiknya juga adalah bahwa resiko itu dapat diatur sedemikian rupa hingga resiko nya nyaris mendekati nilai nol.

Investasi dapat dilakukan dalam berbagai macam bentuk yaitu, pengetahuan, gelar, uang, dan lain sebagainya. Tetapi dalam artikel ini, kita akan fokus pada investasi kekayaan riil.

Dari mana baiknya saya memulai?

Jika Anda masih muda, maka Anda boleh cukup tenang karena waktu ada di pihak Anda. Terdapat beberapa opsi investasi yang mungkin dapat Anda tempuh, tergantung situasi Anda.

1. Investasi pada saham “BLUE CHIP”. Apakah itu? Saham Blue Chip adalah saham yang berkapitalisasi besar dan terkenal memiliki resiko yang kecil dibandingkan saham perusahaan kecil lainnya. Contohnya: Bank BCA, Bank BRI, Bank Mandiri, Indofood, Astra Internasional, Unilever, dll.

Dikarenakan Anda masih muda, saham dapat menjadi pilihan yang tepat. Terutama saham “BLUE CHIP” karena biasanya saham – saham ini adalah perusahaan yang terkenal baik bisnisnya dan oleh karena itu dapat menjadi sebesar sekarang. Tetapi tidak semuanya masih pantas untuk dibeli, maka sedikit research diperlukan.

Contoh return beberapa saham BLUE CHIP.
Kode Saham
Return 5 tahun
Return 10 tahun
BBCA
106.64 %
677.94 %
BBRI
110.48 %
630.34 %
BMRI
 42.37 %
464.17 %
INDF
5.13 %
463.19 %
UNVR
116.67 %
736.25 %
NB. Sumber dari www.reuters.com per tanggal 1 Desember 2015

Dari tabel di atas, sudah dapat dilihat kalau return ratusan persen sudah sangat mungkin didapat di dalam bursa saham dengan resiko yang kecil. Dari semua perusahaan yang saya sebutkan di atas, bukankah itu semua adalah perusahaan yang menguasai mayoritas pangsa pasar. Dikarenakan bisnisnya yang baik, maka harga sahamnya juga ikut beranjak.

Jika Anda memiliki jangka waktu yang panjang, kita ambil saja contoh Anda membeli saham BBCA atau biasa disebut Bank Central Asia sejak 10 tahun yang lalu. Harga sahamnya telah menuai return sebanyak 677.94%. Seandainya, bursa saham turun sebanyak 50%, Anda masih memiliki return 288.97 %, lebih banyak daripada deposito maupun obligasi pemerintah. Kemudian, return saham di atas belum termasuk return dividen. Dividen adalah keuntungan perusahaan yang diberikan kepada pemegang saham nya dalam bentuk tunai. Langsung ditransfer ke rekening milik pemegang saham.  Jadi pertanyaannya adalah, masihkah saham itu Anda anggap berbahaya?

2. Investasi pada Reksadana Saham

Sebenarnya, investasi pada reksadana saham itu resiko nya sama dengan investasi saham langsung, tetapi Anda mengurangi resikonya bukan dengan cara riset sendiri tetapi menyerahkan kepada yang profesional di bidang ini yaitu fund manager reksadana itu sendiri. Tidak ada yang salah dengan berinvestasi pada reksadana. Bukankah tidak ada jaminan bahwa setelah riset yang cukup dalam, Anda pasti dapat mengalahkan fund manager reksadana yang telah menyumbangkan hidup nya untuk mempelajari pasar. Lagipula fee/biaya yang Anda bayarkan tidak terlalu mahal, antara 1-5% tergantung reksadananya. 

Beberapa contoh return reksadana saham:
Nama Reksadana Saham
Return 1 tahun
Return 3 tahun
Panin Dana Maksima
31,53 %
114,58 %
Schroder Indo Equity Fund
23,29 %
53,88 %
Emco Mantap
41,58 %
123,03 %
Danareksa Mawar
20,86 %
50,75 %
NB. Sumber dari www.infovesta.com per tanggal 28 Juni 2013

3. Investasi pada perusahaan kecil

Berinvestasi pada perusahaan kecil membutuhkan pekerjaan rumah yang lebih banyak. Riset yang lebih mendalam. Hal ini dikarenakan perusahaan tersebut masih rawan. Tetapi misalkan Anda berinvestasi pada Microsoft sejak awal IPO yaitu pada tanggal 13 Maret 1986, maka per tanggal 28 Juni 2013 Anda telah memperoleh return sebesar 47.276%  atau 472,76 kali lipat. Angka yang luar biasa bukan? Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencari Microsoft selanjutnya?

NB. Data mengenai return saham Microsoft masih perlu di klarifikasi ulang. Sudah menjadi tugas pembaca untuk tidak percaya begitu saja pada info seperti ini. Riset sendiri untuk membuktikan apakah data tersebut benar. Trims.

Kesimpulannya adalah Anda dapat memilih di antara beberapa opsi di atas, atau bahkan campuran dari ke tiga opsi di atas dapat dilakukan. Yang penting, apapun pilihan yang Anda pilih, (minumnya Teh Botol Sosro, loh ehh..) Anda harus mencari info, mempelajarinya, riset, dan berpikir agar resikonya dapat diminimalkan hingga seminimal mungkin. Alasan lain, mengapa Anda lebih baik memulai selagi masih muda adalah dikarenakan selain resikonya lebih kecil, pengalaman yang Anda dapatkan akan sangat berharga untuk sisa hidup Anda nantinya. 

Time is money, only for those who knows “How to convert it?” – Wincun Marthadiarto

Penyebutan produk investasi  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, ataupun rekomendasi jual beli atau tahan untuk instrumen tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja masa lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.



Salam WInvestionary,

Wincun Marthadiarto
Founder of WInvestionary

You Might Also Like

6 comments

  1. Luar biasa! Artikel itu sangat mendidik sekali...bravk bravo!!!

    ReplyDelete
  2. Mantap!! Info yg sangat menarik bgi pemula sprti saya. Lnjut trus artikelnya. Salam sukses!

    ReplyDelete
  3. Great articles!😁keep on improving!

    ReplyDelete
  4. Mantap artikelnya, tambahin terus ya.. hehe..

    Tetapi sepertinya anda sekarang sudah tamat kuliah, judulnya kok sedang kuliah haha ;)

    ReplyDelete

Popular Posts

Quotes

Time is money, only for those who knows “How to convert it?”Wincun Marthadiarto, Founder of WInvestionary

Financial Freedom only for those who understand what is it actually.Jessica, Co. Founder of WInvestionary

"Someday" is a disease that will take your dreams to Grave with you.Jessica, Co. Founder of WInvestionary

About me

Read more about WInvestionary

Subscribe