Pentingnya Berinvestasi

11:41 PM

Mungkin sebagian besar dari kita sudah menemukan jawaban untuk judul kita kali ini, tapi sebagian besar yang lainnya masih bingung.. Kenapa sih kita harus investasi?

Pernahkah Anda membayangkan Anda sedang menikmati secangkir teh di perkarangan rumah Anda yang sangat luas sambil memandang pemandangan yang sangat Anda sukai ? Jika pernah, apakah Anda sudah mengalaminya? Jika tidak, apakah Anda pernah membayangkan Anda sedang berlibur di atas kapal persiar yang sedang menuju sebuah pulau idaman Anda? Dan semua itu Anda lakukan dengan uang yang Anda peroleh sendiri, bukan merupakan dari warisan orang tua.


Tidak sedikit yang menginginkan kekayaan, tapi hanya sedikit yang mengejarnya dengan smart. Untuk Anda yang sampai saat ini masih bekerja dengan orang, tanyakan kepada diri Anda, sampai kapan? Jika Anda memiliki usaha sendiri, apakah usaha Anda bisa menghasilkan uang tanpa kehadiran Anda? Contoh yang paling sederhana yaitu, dokter. Jika sang dokter tidak praktek, apakah sang dokter akan mendapatkan uang? Jika Anda punya toko, apakah toko Anda tetap akan menghasilkan uang tanpa kehadiran Anda? Setiap hari melakukan pekerjaan yang sama, menunggu akhir bulan, terima gaji/penghasilan kemudian gaji/penghasilan nya hanya numpang lewat. Baik untuk membayar kebutuhan rumah tangga, untuk biaya kuliah, dan sebagainya. Jika Anda melakukan hal tersebut berulang-ulang setiap hari, setiap tahun, maka Anda sedang berada di dalam Pajuan Tikus / Rat Race. Anda seperti hamster yang berlari di dalam roda putarnya, mengejar sesuatu yang tidak kelihatan dan bisa dibilang tidak berarti.



Kita sebagai manusia, perlu menikmati indahnya alam semesta ini. Terlalu sayang jika membiarkannya begitu saja, dunia begitu luas untuk kita arungi. Itulah kenapa kita perlu investasi agar bisa menghasilkan pendapatan pasif dan bisa menikmati indahnya dunia ini tanpa beban pikiran seperti menghitung sisa hari liburan atau sisa cuti yang Anda ambil.

Anda bisa memulai berinvestasi dengan nilai kecil, seperti reksadana yang hanya dengan Rp.250.000, bahkan Rp.100.000,- saja pun Anda telah bisa mulai berinvestasi. Oleh karena itu, cobalah Anda sisihkan sedikit uang Anda untuk diinvestasikan.

Seperti menanam pohon, kita tanam dari bibit, kita siram air dengan disiplin, bila perlu diberi pupuk. Suatu hari pohon itu akan memberikan hasil kepada kita, misalnya buah mangga. Jika kita tidak menyiramnya atau merawatnya dengan baik, pohon tersebut mungkin saja akan tetap tumbuh, tapi tidak secepat dan sebagus pertumbuhan pohon yang kita rawat dengan baik. Kita bisa mulai berinvestasi dari nilai kecil dan disiplin setiap bulannya melakukan investasi, menganalisa kembali instrumen investasi kita, suatu saat investasi tersebut pasti akan memberikan kita hasil. Dan pada suatu titik, kita bisa mendapatkan uang tanpa harus bekerja.

Bagaimana sebuah investasi bisa memberikan kita pendapatan pasif?

Nantikan topik selanjutnya.

Penyebutan produk investasi  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, ataupun rekomendasi jual beli atau tahan untuk instrumen tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja masa lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Salam WInvestionary, 

Jessica
Co. Founder of WInvestionary

You Might Also Like

1 comments

  1. Yap, setuju banget investasi emang penting. Tapi sayangnya, masih banyak orang yang takut buat investasi. Alasannya macem-macem. Padahal, ketakutan itu bisa diatasi dengan beberapa cara yang ada di sini: solusi takut berinvestasi

    ReplyDelete

Popular Posts

Quotes

Time is money, only for those who knows “How to convert it?”Wincun Marthadiarto, Founder of WInvestionary

Financial Freedom only for those who understand what is it actually.Jessica, Co. Founder of WInvestionary

"Someday" is a disease that will take your dreams to Grave with you.Jessica, Co. Founder of WInvestionary

About me

Read more about WInvestionary

Subscribe