Jurus Menjadi Kaya

1:10 AM

Terdapat suatu jurus di dunia ini untuk menjadi kaya. Kabar baiknya adalah, jurus ini bukan hanya membuat Anda kaya, namun juga dapat membuat Anda tetap kaya dan semakin bijaksana dari hari ke hari. Terdapat banyak sekali orang di luar sana yang memulai investasi tanpa pernah menguasai jurus ini. Jurus ini telah lama dimiliki oleh 1% orang terkaya di dunia dan jarang diketahui oleh 99% sisanya. Selama berabad – abad telah disimpan namun baru kali ini dipublikasi. Mengetahui jurus ini bukan jaminan Anda akan segera menjadi kaya raya dalam sekejap. Masih terdapat banyak pengetahuan lainnya yang harus Anda kuasai. Akan tetapi, untuk menjadi kaya dan tetap kaya sepanjang hidup, pelajarilah jurus ini.



Jurus yang saya maksud adalah “Kemampuan untuk membedakan antara fakta dan opini”. Anda terkejut? Mungkin Anda mengira bahwa saya telah beralih profesi dari penasihat keuangan menjadi guru bahasa Indonesia. Mungkin juga Anda telah mengira bahwa saya telah gila karena kehabisan ide. Maka dari itu, akan saya jelaskan kepada Anda alasan saya menulis artikel ini dan seberapa penting jurus ini.
            
Kebanyakan orang mengalami kesulitan finansial karena mereka menghabiskan hidup mereka menggunakan opini dan bukan fakta ketika membuat keputusan finansial. Opini tersebut seperti “Saham blue chip adalah investasi terbaik.” , ”Dibutuhkan uang besar untuk berinvestasi.” , ”Dibutuhkan uang untuk menghasilkan uang.” , ”Investasi beresiko.” , ”Investasi saham adalah sama dengan berjudi.”

Jika Anda duduk diam sejenak, Anda mungkin akan sadar bahwa sebagian besar yang Anda dengar selama hidup adalah opini orang – orang, bukan fakta. Contohnya, apabila saya mengatakan bahwa emas adalah aset, apakah Anda percaya??
            
Nah, Anda melakukannya lagi. Anda mungkin akan membela diri dengan mengatakan bahwa itulah satu – satunya uang yang tahan ujian waktu. Kenyataannya, Anda hanyalah mengulangi opini orang lain tentang apa itu aset dan tidak memeriksa faktanya.
            
Menurut definisi saya, emas hanya bisa disebut aset apabila Anda membeli dengan harga dibawah harga jual Anda. Dengan kata lain, apabila Anda membelinya seharga Rp 500.000,- dan menjualnya seharga Rp 600.000,- itu adalah aset. Tetapi, apabila Anda membelinya seharga Rp 600.000,- dan menjualnya seharga Rp 500.000,- itu adalah liabilitas. Angka finansial nyatalah yang akhirnya memberikan Anda faktanya. Dalam kenyataannya, yang membuat emas merupakan aset atau liabilitas adalah Anda, karena akhirnya Anda lah yang membuatnya menjadi aset maupun liabilitas.



Saya telah melihat begitu banyak orang membeli saham atau reksadana yang sempurna dan mengubahnya menjadi mimpi buruk finansial. Banyak orang melakukan hal yang sama terhadap kehidupan pribadi mereka. Mereka mengambil uang yang dihasilkan dengan susah payah dan menjadikannya liabilitas seumur hidup. Banyak orang tertipu karena tidak mengetahui fakta. Setiap hari banyak saya dengar orang kehilangan uang karena menganggap opini sebagai fakta. Boleh saja mengambil opini ketika membuat keputusan finansial, tetapi Anda harus mengetahui perbedaannya.

Apakah Anda mengerti arti “Due diligence” ? Itu artinya mencari tahu yang mana opini atau fakta. Ketika ada yang mengatakan kepada Anda bahwa perusahaan ABC boleh dibeli sahamnya karena menghasilkan laba yang besar dan mempunyai keuangan yang kuat, Anda harus membuka dan membaca laporan keuangannya sebelum mengambil keputusan. Saat Anda menerima rekomendasi beli atau jual atas investasi apapun, cari tahu faktanya. Jika Anda rajin melakukan due diligence, Anda akan semakin mahir dalam berinvestasi hingga Anda tiba pada suatu titik dimana resiko yang Anda ambil nyaris mendekati angka nol. Untuk membantu Anda, berikut ini saya tunjukkan opini yang sering kita dengar di masyarakat:

1.      Cari pekerjaan yang aman dan jangan pindah seumur hidupmu.
2.      Aku tidak akan menjadi kaya.
3.      Menjadi orang kaya itu memusingkan.
4.      Tidak ada cukup uang untuk membuat semua orang kaya raya.
5.      Kamu sebaiknya menikah dengannya. Dia sangat mapan. Dia akan menjadi suami yang baik.
6.      Obligasi lebih aman daripada saham.
7.      Pekerjaan menjual adalah pekerjaan yang paling rendah.
8.      Orang yang melakukan kesalahan adalah orang bodoh.
9.      Kamu harus melakukan diversifikasi dalam investasi.
10.  Kamu tidak perlu melakukan diversifikasi dalam investasi.
11.  Pekerjaan sebagai salesperson tidak akan membuat Anda kaya karena gaji pokoknya yang kecil.
12.  Otot dia besar, dia pasti sehat.
13.  Investasi sangat beresiko.
14.  Dokter menghasilkan banyak uang.
15.  Manusia tidak akan pernah bisa terbang.
16.  Mesin waktu tidak akan pernah bisa diciptakan.
17.  Mereka punya rumah besar. Mereka pasti kaya.


Saya tidak pernah meminta Anda untuk tidak pernah mempercayai opini. Tetapi, Anda harus tahu perbedaan antara fakta dan opini. Terima kasih. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pengetahuan investasi dan kehidupan Anda. Ide artikel ini berasal dari buku Rich Dad Poor Dad oleh Robert T.Kiyosaki.

“Kalau setelah 20 menit bermain poker Anda masih belum mengetahui siapa yang menjadi korban permainan tersebut, maka Anda adalah korbannya” ~ Warren Buffett. 


Penyebutan produk investasi  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, ataupun rekomendasi jual beli atau tahan untuk instrumen tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Salam WInvestionary,

Wincun Marthadiarto

Founder of WInvestionary

You Might Also Like

2 comments

Popular Posts

Quotes

Time is money, only for those who knows “How to convert it?”Wincun Marthadiarto, Founder of WInvestionary

Financial Freedom only for those who understand what is it actually.Jessica, Co. Founder of WInvestionary

"Someday" is a disease that will take your dreams to Grave with you.Jessica, Co. Founder of WInvestionary

About me

Read more about WInvestionary

Subscribe