3 Jenis Pria, 3 Jenis Investasi.

6:47 AM

Di dalam kehidupan kita, seharusnya sudah merupakan rahasia umum bahwa wanita suka membawa kata 'pria' dalam percakapan mereka bersama teman. Seperti halnya pria, kita memberikan skala antara 1 - 10 terhadap wanita yang mereka bahas bersama.

Tahukah Anda, bahwa mungkin sebenarnya hanya ada 3 jenis pria di dunia ini? Mungkin dalam hati beberapa dari Anda saat membaca kalimat terakhir dari artikel ini akan mengatakan : "Walaaahh.. sok tau loeee.. masa cuman 3?". Haha.. Hal itu cukup normal. Tetapi saya berharap Anda membaca hingga selesai artikel ini agar Anda mengerti tentang 3 jenis pria yang saya maksud. Setuju?



Baiklah, mari saya memulainya. 3 jenis pria yang saya maksud adalah:

 1. Anak Nakal
Pria jenis ini mungkin adalah jenis pria yang tidak akan disetujui orang tua kalian jika kalian ( wanita ) berpacaran dengannya. Pria jenis ini sangat sulit diprediksi. Mereka memberikan kejutan yang luar biasa bagi hati wanita. Mereka akan memberikan kesenangan yang luar biasa, tetapi juga memberikan sakit hati yang luar biasa. Jika Anda menjadi pasangannya, Anda harus memberikan perhatian khusus karena banyak wanita yang dengan mudah terpikat dengan mereka. Anda juga bahkan akan menjadi gila karenanya.

Coba renungkan. Apakah Anda pernah memiliki pasangan jenis ini?

2. Anak Baik
Kedua, anak baik. Pria jenis ini selalu membuat Anda nyaman bersamanya. Mereka akan berusaha sekuat mungkin agar Anda tidak akan pernah sakit hati karena mereka. Pria jenis ini tidak membutuhkan keahlian khusus untuk diperhatikan. Mereka selalu ada untuk Anda. Mendengarkan cerita Anda ketika Anda sedih. Jenis pria ini sangat menyenangkan untuk diajak berteman. Hampir tidak mungkin bagi dia untuk memberikan anda ciuman pada kencan pertama.

Dan yang terakhir,…

3. Anak Pengecut
Pria ini adalah pria paling membosankan yang pernah ada di dunia ini. Dia tak akan membawa Anda ke mana – mana. Kehidupan mereka nyaris tidak menarik. Bahkan jika karena suatu keajaiban Anda berkencan dengannya, kencan itu biasanya akan berakhir lebih awal. Jangan mengharapkan melihat bintang bersama mereka di malam tahun baru di atas genteng. Mereka tidak pernah melakukan hal luar biasa dalam hidup mereka. ‘Aman’ adalah kata paling menyenangkan bagi mereka. ‘Resiko’ adalah neraka bagi mereka. Mereka tidak pernah meraih kesempatan. Mereka ingin segalanya aman dan stabil. Hampir segala hal di dunia bagi mereka beresiko. Kesimpulannya, mereka tidak pernah hidup di dunia ini. Mereka hanya ‘ada’.


Setelah membaca tentang 3 jenis pria di atas, coba Anda renungkan. Apakah benar hal tersebut? Tipe apa sajakah pria yang pernah ada di kehidupan Anda?

3 jenis investasi

Begitu juga dengan investasi, dari sekian banyak instrument investasi. Mari kita lihat, apakah kira – kira investasi sebenarnya tidak beda jauh dengan pria? hha..


Mari kita memulai dengan membahas yang paling menarik bagi penulis, yaitu saham.

1. Saham
Apakah itu saham? Saham adalah bagian kepemilikan Anda terhadap suatu bisnis. Jika Anda memegang saham suatu dividen, Anda berhak terhadap keuntungan perusahaan tersebut. Anda sebagai pemegang saham menerima keuntungan berupa capital gain dan dividen.

Lantas, jenis anak apakah saham ini?
Saham sudah jelas bukanlah anak pengecut. It is not for the feint of heart. Mungkin beberapa dari kalian di dalam hati mengatakan: “Sudah jelas anak nakal”. Tetapi nyatanya tidak begitu di bursa. loh..(lanjutkan membaca) Saham adalah anak nakal apabila kita tidak paham betul tentang dia. Jika Anda membeli saham di pagi hari dan menjualnya di sore hari, atau bahkan Anda membeli dan menjual dalam hitungan detik dan menit. Maka, saham adalah anak nakal. Anak nakal mungkin akan menarik di saat Anda muda dan kurang bijaksana. Tetapi, akan tiba hari di mana semua trik mereka sudah bosan di mata dan telinga Anda. Anda akan lelah karena mereka tidak pernah mendengarkan. Yang paling Anda sesalkan adalah mereka akan segera meninggalkan Anda karena mereka dapat berpindah dengan cepat.

Jadi, bagaimana cara yang tepat dalam berinvestasi saham?
Menurut penulis, investasi saham yang paling tepat adalah dengan membeli ‘bisnis’ bukannya ‘saham’. Bisnis dari suatu perusahaan dapat dengan mudah dihitung dan diprediksi jika Anda telah memahami laporan keuangan. Dengan cara ini, maka saham adalah ‘anak baik yang cukup nakal’. Mereka dapat memberikan Anda kejutan dan kesedihan. Tetapi jika Anda memahaminya, kesedihan yang diberikan tidak bersifat konkret. Hanya siklus. Bahkan jika harga suatu saham jatuh, itulah kesempatan bagi Anda untuk membeli lebih banyak. Jika Anda memahami bisnisnya, ia akan menjadi sangat menarik. Sudah sangat biasa jika harga suatu saham yang bisnisnya bagus naik ratusan persen. Anda bisa mendapat hasil yang sangat menarik. Walaupun bisnis suatu perusahaan baik, tetapi ingatlah bahwa ‘Mr. Market’ adalah seseorang yang tidak rasional. Haruslah diingat bahwa bisnis yang tidak pernah turun bukan berarti harga sahamnya tidak pernah akan turun. Maka dari itu, jika Anda akan berinvestasi pada instrument ini, diharapkan Anda memiliki jangka waktu dan pengetahuan yang dibutuhkan.

NB. Definisi ‘Mr. Market’ akan dibahas lebih lanjut pada artikel lainnya.

2. Obligasi
Obligasi atau bisa juga disebut surat hutang adalah instrument investasi yang memberikan Anda keuntungan secara berkala oleh yang berhutang kepada Anda (sang memberi hutang). Jika Anda memiliki obligasi dari suatu perusahaan, hak Anda akan diutamakan dahulu sebelum pemegang saham apabila perusahaan tersebut bangkrut atau pailit.

Terdapat 2 jenis obligasi berdasarkan penerbitnya yaitu obligasi pemerintah dan obligasi korporasi. Obligasi pemerintah sesuai namanya tentu adalah obligasi yang diterbitkan pemerintah. Kemungkinan yang ada bagi obligasi ini untuk tidak membayar adalah apabila suatu pemerintahan runtuh dimana hal itu bisa dibilang sangat kecil kemungkinan terjadinya. Kemudian, obligasi korporasi. Obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan untuk meningkatkan modal kerja mereka, ekspansi, atau hal lainnya. Berbeda dengan obligasi pemerintah, obligasi korporasi butuh sedikit penelitian sebelum berinvestasi padanya. Obligasi juga dapat memberikan keuntungan berupa capital gain disamping kupon berkala.

Kemudian, apakah obligasi tipe jenis pria yang mana?
Tidak tahu, mungkin nakal. Terkejut? hha... Jika obligasi yang dimaksud adalah obligasi pemerintah, mungkin ada di antara Anda yang mengira bahwa itu adalah anak baik dan obligasi korporasi lebih nakal daripadanya. Tetapi, ada suatu faktor yang membuat obligasi berbahaya yaitu: INFLASI. Inflasi adalah suatu hal yang sangat mengerikan. Mungkin karena dia lah maka investasi sudah merupakan suatu keharusan. Masihkah Anda ingat berapa harga permen di saat kita kecil? dan coba Anda bandingkan dengan saat ini. Itulah hasil dari inflasi. Berkurangnya nilai uang kita. Resiko uang yang kita kumpulkan dimakan inflasi adalah resiko yang lebih besar daripada investasi. Maka, Anda harus memulai secepat mungkin.

3. Reksadana
Sungguh mengejutkan bahwa ternyata masih banyak penduduk Indonesia yang belum mengetahui apapun tentang reksadana. Reksadana adalah instrument investasi yang cocok bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk belajar tentang investasi dan lebih memilih untuk menyerahkan pada yang dikenal profesional untuk melakukannya bagi Anda. Anda cukup menyerahkan uang Anda dan berharap mereka memberikan hasil yang baik. Yang cukup untuk Anda lakukan adalah mencari manajer investasi yang diharapkan dapat memberikan hasil yang baik bagi Anda. Reksadana sendiri terbagi dari beberapa macam yaitu: reksadana saham, reksadana campuran, reksadana obligasi dan reksadana pasar uang. Salah satu hal yang membuat instrument ini dinikmati juga karena nominal investasi yang sangat kecil sudah dapat berinvestasi padanya. Hanya dengan 250rb saja sudah membolehkan Anda membeli reksadana.

Kemudian, jenis pria apakah reksadana ini?
Reksadana adalah jenis pria menurut tipe reksadana tersebut. Jika yang Anda maksud adalah reksadana saham, maka dia adalah jenis pria seperti saham, bisa baik, bisa nakal. Jika reksadana obligasi, maka inflasi adalah musuh terbesarnya. Jika campuran, maka tergantung dari komposisi campurannya. After all, mutual fund is a good place to start and a place worth investing in.

4. Deposito
Seharusnya sebagian besar dari masyarakat sudah mengerti tentang instrument ini, maka penulis tidak akan bercerita banyak tentang pria ini. haha… Deposito adalah penempatan di bank dalam suatu jangka waktu di mana bank yang ditempati akan membayar Anda bunga jika Anda meletakkan dana Anda di sana.

Kemudian, pria jenis apakah deposito?
Mungkin beberapa dari kalian saat ini akan bangkit dari kubur loh.. dan berseru : “SUDAH PASTI PENGECUT!” . Ya. Untuk hal itu, saya setuju. Deposito cukup aman tetapi sangat berbahaya jika Anda memperhitungkan faktor inflasi. Deposito tidak akan membawa Anda ke mana – mana. Sangat membosankan dan tidak menarik. Pengalaman Anda berinvestasi di dalamnya tidak bernilai apa pun. Berinvestasi dalam deposito hanya masuk akal apabila dana tersebut adalah dana aman yang harus ada saat Anda membutuhkannya. Dana seperti untuk membayar uang kuliah yang tinggal 1 bulan, dana cadangan atau keperluan sejenisnya. Dalam jangka panjang, It SUCKS!!


5. Properti
Penulis belum mengenai cukup info mengenai investasi jenis ini. Maka, untuk sementara penjelasan tentang ini ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. #under construction

Demikianlah artikel ini saya tulis. Ide untuk membuat artikel ini berasal dari buku "RICH WOMAN" by Kim Kiyosaki. Saya sangat mengharapkan masukan dari semuanya berupa like, pujian, dan terutama kritikan terhadap artikel ini. Trims. Saat ini waktu menunjukkan pukul 11:06 PM tgl 23 Juni 2013. Sudah tiba saatnya bagi saya untuk tidur. Terima kasih sekali lagi karena telah membaca dan selamat malam.



Penyebutan produk investasi  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, ataupun rekomendasi jual beli atau tahan untuk instrumen tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Salam WInvestionary,

Wincun Marthadiarto
Founder of WInvestionary

You Might Also Like

2 comments

  1. Bapak Wincun, saya mau nanya....apakah mungkin kalau 2 pria yg memiliki sifat2 yg berbeda memilih jenis investasi yg sama ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pria dalam cerita di atas hanya merupakan perumpamaan. Tidak ada hubungan antara sifat pria dan jenis investasi yang dipilihnya.

      Delete

Popular Posts

Quotes

Time is money, only for those who knows “How to convert it?”Wincun Marthadiarto, Founder of WInvestionary

Financial Freedom only for those who understand what is it actually.Jessica, Co. Founder of WInvestionary

"Someday" is a disease that will take your dreams to Grave with you.Jessica, Co. Founder of WInvestionary

About me

Read more about WInvestionary

Subscribe